Kamis, 02 Desember 2010

Menambahkan fungsi Tab Di Windows Explorer



Salah satu fungsi penting dalam sebuah interface suatu program adalah adanya fitur tab
Dengan adanya tab maka kita dapat menghemat waktu dalam berpindah antar window dan menghemat ruang tentunya
seperti yang ada pada browser, game atau bahkan dalam sebuah blog.


yupz, dan sepertinya Microsoft tidak pernah tertarik untuk mengembangkan fitur tab dalam windows explorer (wtf !)
dari rilis windows yang gw ikuti ( windows 2000 atau windows Me)
sampe rilis terbarunya ( windows 7) tidak pernah sekalipun Microsoft memberikan integrasi tab dalam windows explorernya.

Aneh memang, untuk sebuah perusahaan besar dengan produk OS nya yang memasyarakat dan jumlah pengguna (baik pengguna ori maupun bajakan kayak gw :D) yang jumlahnya menurut gw susah dihitung pake jari, tidak pernah mengimplementasikan suatu fitur sederhana tapi sungguh bermanfaat.

Apakah mereka tidak pernah mendengarkan keinginan konsumen ?
atau ada pertimbangan lain semisal kemungkinan celah bug,..?
mungkin sih, mengingat dari sisi keamanan, Windows adalah satu satunya OS yang memiliki sejuta pengguna dan sejuta pembenci yang tentu saja akan memanfaatkan setiap celah keamanan dari Windows itu sendiri untuk kepentingan mereka.
Apakah OS lain tidak memiliki banyak bug ?

jawabannya adalah tidak,

yup, dalam sebuah program yang ditulis manusia, kemungkinan adanya kesalahan logika maupun algoritma adalah hal yang sangat wajar. Namun pertanyaannya adalah apakh orang yang menemukan celah keamanan tersebut lantas memanfaatkan untuk kepentingan pribadinya atau mn-submit-nya untuk diperbaiki (syukur syukur sih tau kesalahan dan bisa membenarkan )?

Besarnya tingkat keuntungan yang diperoleh oleh Microsoft Corp. membuat banyak orang tidak suka, well wajarlah kalau seseorang syirik terhadap sesuatu yang luar biasa apalagi jika kelakuan dari Microsoft sendiri kurang membela kaum yang secara finansial kurang beruntung ( nah yang ini kayak gw :D )

Maka dari itu terciptalah sejuta virus, worm, dan malware.
Nah, mungkin dari alasan itulah Microsoft belum berani menanamkan adanya fitur tab dalam windows explorer miliknya.

Lalu bagaimana jika kita menginginkan adanya fitur tersebut tertanam di windows explorer?
Fortunately, di luar sana banyak orang jahat (loh..) dan tidak sedikit pula orang yang memiliki idealisme open soure (gratisan maksudnya ,hehe..)
Dan diantara orang orang yang baik tersebut ada yang menciptakan addon untuk windows explorer agar memiliki fitur tab.

adalah Qttabbar , program yang membolehkan kita memiliki akses tab dalam windows explorer.
Cara instalasinya pun sederhana, tinggal kli instal dan selesai.
Progi ini memang ditujukan untuk end user, namun tidak menutup kemungkinan jika kamu tertarik untuk ikut mengembangkanya kamu bisa menghubungi masamunexgp belau sendiri sebenarnya hanya melanjutkan dari proyek Quizo yang memutuskan untuk menghentikan proyeknya sampai pada OS Vista.

Sebenarnya proyek ini masih dalam tahap apha 4 yang nantinya pasti bakalan ada tahap beta, gamma atau yang lebih sering dikenal dengan RTM, kemudian final rilis dan pastinya akan ada versi 1.0, 1.1 dll.

At last Qttabbar bisa di download disini

untuk settingannya bisa ikuti settingan punya gw

klik gambarnya kalau kurang jelas,

Loh kok g bisa ?
o,ya ada yang kelupaan. kalau setelah install ternyata tab tidak muncul maka ikuti langkah langkah berikut :
1. Pada windows explorer pilih organize
2. Pilih Layout
3. Centang pada menu Bar,



4. Kemudian pada menu bar klik kanan pilih option
5. Pilih misc, dan
6. Centang pada hide menu bar

*jangan lupa windows explorernya di-restart, kalau masih g keluar restart windows kamu :D


semoga membantu. :)

0 comments:

Poskan Komentar