Kamis, 06 Januari 2011

Sekilas tentang Rubiks

Rubiks



Puzzle mekanis yang diciptakan oleh profesor arsitektur asal hungaria yang bernama erno Rubik pada tahun 1974. Awalnya diberi nama “Magic Cube” tetapi kemudian diganti menjadi “Rubiks Cube” pada tahun 1980.
Sebuah Rubiks Cube mempunyai 43.252.003.274.489.856.000 kombinasi posisi yang mungkin ada. Namun demikian, cube dapat diselesaikan dengan rata rata 56 putaran bahkan bisa kurang dari angka tersebut.


Struktur Rubik’s Cube
Center : 6 ( sumbu / axis)
Edge : 12 ( rusuk)
Corner : 8 ( sudut )

Skema Warna Rubik’s Cube
Japanese
Standard color scheme
Secara garis besar, perbedaan kedua jenis skema ini adalah pada warna kuning dan biru yang saling tertukar posisi.

Jenis Cube yang beredar di Pasaran

a. 2 x 2 x 2
1. Rubik’s
Tidak cocok untuk speedcubing, karena mekanismenya yang berat
2. Eastsheen
Berukuran lebih besar dan memiliki mekanisme yang lebih lancar walaupun tanpa lubrikasi. Untuk Speedcubing disarankan menggunakan cube ini.
3. Maru
Memiliki mekanisme yang berbeda dengan cube rubik’s dan eastsheen. Berasal dari pabrikan Taiwan. Kelebihan cube Maru antara lain adalah memiliki pegas sehingga dapat melakukan cutting corner dengn baik. Kekurangannya tidak terlalau lancar diputar atau kalah dengan eastshen.
4. Cube merek Cina
Di luar merek merek tersebut terdapat banyak merek cube bajakan bermerek Cina. Beberapa yang terkenal antara lain Yongjun, Yuxin, Cube4U bahkan ada yang tanpa merek. Kebanyakan meniru merek eastsheen, atau bahkan ada yang menciptakan mekanisme sendiri.
b. 3 x 3 x 3
1. Rubik’s
Rubik’s Cube Original atau yang sering disebut Storebought memiliki mekanisme yang kaku dan kurang cocok untuk speedcubing serta Cutting Corner yang kurang bagus dalam kondisi baru. Cenderung awet dan setelah penggunaan yang cukup lama akan semakin enak digunakan. Rubik’s cube 3 x3 x 3 tidak dapat diatur pegasnya, karena memakai rivet (sekrup tak berulir) yang ujungnya menusuk core seperti anak panah. Rubik’s juga memiliki produk DIY ( Do IT Yourself) Kit. DIY dapat dirakit semau kita sendiri, dan diakui sebagai cube terbaik.
2. Chinese DIY
`Banyak sekali merek DIY bajakan produksi China. Sebagian besar dinamai dengan abjad dan dikelompokkan sesuai produsennya seperti Type A, Type B, Type C dan seterusnya. Masing masing memiliki struktur yang berbeda satu sama lain.
c. 4 x 4 x 4
1. Rubik’s
Mekanisme yang kakau sehingga kurang cocok untuk bermain speedcubing. Cutting Corner kurang bagus cenderung mudah pop out
2. Eastsheen
Mekanisme yang sangat lancar, walaupun tanpa lubrikasi. Kekurangannya adalah sulit untuk melakukan cutting corner. Sehingga ke mungkinan locking dalam kecepatan tinggi lebih besar.
3. Meffert’s
Sangat terkenal di kalangan speedcuber, karena diketahui memiliki mekanisme yang paling lancar dibanding merek lainnya. Kelebihannya adalah dapat melakukan cutting corner dengan sempurna.
4. Merek merek bajakan
Merek bajakan yang paling terkenal dan kualitasnya paling tinggi adalah QJ ( Qun Jia). Mekanisme dan bentuk yang nyaris sama dengan Meffert’s. Konon pabrik pembuatnya sama. Dengan kualitas yang sebanding namun harga yang jauh lebih murah daripada Meffert’s asli, banyak speedcuber yang memilih menggunakan Qun Jia sebagai senjata andalannya. Selain itu banyak beredar versi bajakan 4 x 4 x 4 yang lain seperti Yong Jun, Yu Xin, dan lain lain. Kebanyakan meniru mekanisme Eastsheen.
d. 5 x 5 x 5
1. Rubik’s
Terkenal berat dan silit diputar. Sehingga banyak yang menjulukinya “ Rubik’s Brick” atau Batu Bata.
2. Eastsheen
Memiliki putaran yang mulus, tetapi tidak bisa cutting corner dan cenderung longgar setelah lama digunakan. Ukurannya paling kecil, malah ukurannya sama dengan Eastsheen 4 x 4 x 4
3. Meffert’s
Ukuran besar dan berat, namun demikian masih lebih mudah diputar dibandingkan Rubik’s
4. V-Cube
Diakui oleh para speedcuber sebagai 5 x 5 x 5 terbaik yang ada di pasaran. Mekanismenya memungkinkan gesekan lebih minimal dan bahkan dapat tetap diputar walaupun beberapa piece dicabut. Meskipun begitu, memerlukan waktu yang cukup lama agar dapat diputar dalam kondisi terbaiknya.
e. Cube berdimensi Lebar
Sampai saat ini baru merek V-Cube yang mempatenkan mekanisme untuk cube berukuran lebih dari 5 x 5 x 5, yaitu V-Cube 6 x 6 x 6 ( V-Cube 6) dan V-Cube 7 x 7 x 7 ( V-Cube 7). Dapat dilihat bahwa V-Cube 7 memiliki bentuk yang cenderung membulat. Karena secara mekanisme, sulit untuk membuat cube berdimensi 7 x 7 x 7 ke atas dalam bentuk kotak.
f. Pyraminx
Merek Pyraminx Original adalah milik Meffert’s. Mekanismenya cukup lancar dan ciri khasnya adalah bunyi “klik” ketika diputar , bunyi itu berasal dari bola bola logam kecil yang ada pada setiap piece-nya. Banyak juga beredar versi bajaknnya. Salah satunya adalah merek Qun Jia (QJ) yang memiuliki struktur dan mekanisme putaran yang mirip dengan Meffert’s. Ada banyak lagi merek merek lainnya dan memiliki struktur yang agak berbeda. Pyraminx bajakan jenis ini bahan plastiknya ringan dan tipis sehingga kelemahanyya adalah terlalu ringa putarannya bagi sebagian orang.
g. Square – 1
Dikenal dengan nama Back to Square One atau Cube 21, diciptakan oleh Karel Hrsel dan Vojtech Kopspky kurang lebih pada tahun 1990 dan dipatenkan pada 1992 di Cekoslovakia. Puzzle ini terdiri dari 3 layer, yaitu layer atas, tengah dan bawah. Layer atas dan bawah memiliki 8 corner piece yang berbentuk seperti layang layang dan 8 edge yang berbentuk segitiga. Corner memiliki sudut 60 derajat dan edge piece memiliki sudut 30 derajat. Sedangkan layet bagian tengahnya memiliki dua piece berbentuk trapesium.
h. Rubik’s Magic
Adalah puzzle lipat ( folding puzzle) yang idenya mengadopsi dari trik sulap “Linkin’ Ring” dimana tiga buah cincin dibuat saling menyambung satu sama lain. Erno Rubik sebagai penciptaya mempatenkannya di Hungaria pada tanggal 11 Agustus 1987. Struktur dari puzzle ini menggunakan sususnan senar nilon yang silang menyilang sehingga bentuknya bisa berubah ubah.
i. Tetraminx
j. Megaminx
k. Variasi 3 x 3 x 3
1. Mirror Cube
2. Heart Cube
3. Cube 3 x 3 x 3 Bergambar / Berlogo
Sedikit lebih sulit diselesaikan , karena kita harus menjaga gambar pada center piece agar jangan sampai terputar atau terbalik.
Kondisi dua center terputar 90 derajat : U M E’ M’ - U’ M E M’
Kondisi satu center terputar 180 derajat : L R – U’ – L’ R’ – U2
4. Void Cube
Kondisi UF dan UR tertukar : R F’ L2 F2 U’ D R’ F B’ D’ F2 D F’
Kondisi UF dan UB tertukar : R F’ L2 F2 U’ D R’ F B’ D’ F2 D F’
5. Fisher
Diciptakan oleh tony fisher, seorang perancang puzzle. Dapat diselesaikan ( solving ) dengan cara dan rumus biasa layaknya 3 x 3 x 3. Tetapi, kadangkala pada fisher cube terjadi kondisi Parity yakni pada saat OLL, yaitu salah satu edge ter- flip. Berikut algoritma untuk menyelesaikan edge ter-flip Fisher Cube (tinggal mem-flip edge di UR):
E R E R E R E R
6. Windmill
Twisty puzzle hasil modifikasi dari 3 x 3 x 3 biasa.

Notasi Cubing
Tanpa mengetahui dan memahami notasi cubing, maka akan sulit berkembang dan mempelajari trik trik dari cuber lain yang hampir semuanya ditulis dalam notasi.
Notasi 2 x 2 x 2 sam dengan notasi 3 x 3 x 3, tanpa slice move. Sedangkan pada notasi big cubes ( 4 x 4 x 4 dan 5 x 5 x 5) ada perbedaan dengan notasi 3 x 3 x 3. Dimana pada 3 x 3 x 3 notasi dengan huruf kecil berarti memutar dua layer sekaligus, sedangkan pada big cubes huruf kecil berarti putaran layer bagian dalam ( inner slice)
1. Notasi 3x3x3
Setiap sisi cube ditulis dengan notasi sebagai berikut:
U = Up / sisi atas
D = Down / sisi bawah
F = Front / sisi depan
B = Back / sisi belakang
L = Left / sisi kiri
R = Right / sisi kanan

E = Equator/ layer antara U dan D
M = Middle/ layer antara L dan R
S = Side / layer antara F dan B

Notasi yang diberi tanda aksen (‘) berarti sisi tersebut diputar berlawanan dengan arah jarum jam ( CCW / Counter Clock Wise). Sedangkan jika tanpa tnada aksen maka putarlah searah jarum jam ( CW / Clock Wise).
Notasi yang diberi angka dua artinya layer tersebut diputar dua kali ( 180 derajat).




Kitab Sakti Master Rubik – Abel Brata – bukune – Mei 2010 – Cetakan Pertama – Jakarta
ISBN 602-8066-65-6

0 comments:

Poskan Komentar