Sabtu, 29 Oktober 2011

Menjadikan Laptop sebagai Wireless Router dengan Connectify Pro

Menjadikan Laptop sebagai Wireless Router dengan Connectify Pro

Punya koneksi internet di laptop, punya handset/gadget support wi-fi tapi males berlangganan paket internet selular yang harganya mahal? maka sharing internet acces menjadi jawabannya. Di luar sana software yang paling terkenal untuk masalah sharing koneksi internet ya tidak lain connectify ini.

Kenapa ga pake ad-hoc?
sebenernya bakalan lebih mudah kalo dengan menggunakan koneksi ad-hoc dari laptop. Koneksi ad-hoc biasanya dipakai untuk bermain game multiplayer dengan menggunakan wi-fi sebagai alternatif kabel LAN. Cara ini lebih mudah, tetapi pada beberapa device android misalnya belum men-support koneksi ad-hoc dari komputer. Selain itu dengan menggunakan laptop sebagai wi-fi router lalu lintas data bisa dipantau. Dan jika koneksi internet anda adalah wi-fi maka secara tidak langsung memperkuat sinyal wi-fi nya. Gini analoginya, anda nge-kost dan satu kosan menggunakan koneksi yang di share dengan menggunakan wi-fi. Pada laptop umumnya penerimaan sinyal bagus karena biasanya laptop anda bakal ditempatkan di atas meja, sedangkan pada device anda yang biasanya anda bakal prefer nge-net sambil tiduran? kira-kira begitu. Analogi lain, anda nge-net di wi-fi kampus dimana anda cuma punya satu id yang artinya anda cuma boleh mengkoneksikan sati device anda ke wi-fi kampus. Padahal laptop sedang dipakai buat ngerjain tugas, tapi pengen main internet di handheld anda, nah kira-kira begitu juga.

oke langsung aja, pertama download Connectify 3.1.0.21402 Pro Full.rar
ekstract, terus jalankan program ConnectifyInstaller_3.1


pilih i agree

biarkan hingga selesai

hilangkan centang pada automatically send anonymous usage statistic dan show readme supaya ga merepotkan aja.

jika diminta restart, maka restart aja.
kemudian lihat tray, lalu klik kanan pada icon connectify pilih exit.
copy file Connectify.exe hasil ekstract pertama tadi ke dalam
C:\Program Files\Connectify



doble click shortcut connectify di desktop.
untuk memulai menggunakan laptop sebagai wi-fi router tinggal aktifkan wi-fi laptop anda
kemudian pada connectify main menu isi pada bag setting:

Hotspot name : terserah mau diisi apa, default-nya connectify-me
Password: sama juga terserah, minimal 8 karakter
internet: pilih automatic aja
Wi-Fi: Wireless Network Connection
Security Mode: Access Point, WPA2-PSK


klik start hotspot. selesai.
satu hal yang bikin connectify ini keren yakni bisa memantau client

nanti bakal ketauan kalo ada yang numpang nge-net . selain connectify sebenarnya ada pilihan lain, mhotspot. Keunggulannya yakni free, dan portable. Cuma sayangnya saat saya coba memang bisa share wi-fi tapi koneksi internet-nya ga ikut ke-share.


Mengatasi Bluescreen of Death (BSOD) pada sebagian Laptop setelah menginstall Connectify Pro

Pada beberapa laptop mungkin akan mengalami BSOD atau beberapa menyebutnya dumping ditandai dengan setelah mengklik start hotspot kemudian layar tiba-tiba biru kemudian minta restart, seperti yang terjadi pada laptop saya.

Solusinya mudah saja sebenarnya, tinggal update driver wi-fi anda. Caranya masuk ke situs vendor laptop anda, misal asus.com /acer.com dsb. Pilih Support atau semacamnya, dan cari driver. Kemudian nanti cari wireless LAN/Wi-fi.
Download kemudian Install, beres deh BSOD-nya.

Note: jika ada malfungsi dari beberapa driver setelah BSOD maka uninstall driver tersebut kalau perlu setelah di uninstall kemudian bersihkan dengan driver cleaner.
restart kemudian install ulang driver yang bermasalah tersebut, jika masih tidak bisa maka tunggu beberapa hari/saat nanti pasti bisa kok.

yap, pada laptop saya terjadi malfungsi dari driver VGA. Seharusnya VGA nya bisa diswtitch dari intel HD GMA ke nVidia tapi kemudian driver nVidia nya bermasalah. nVidia Control Panel hilang, kemudian pas install ulang malah muncul
this graphic driver could not find compatible graphic hardware
. Kalau terjadi demikian ga perlu panik, ikuti langkah yang saya jelaskan sebelumnya. alhamdulillah cuma butuh satu hari buat bisa install driver VGA nya.
semoga membantu :)

0 comments:

Poskan Komentar